Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami : Penyebab Jerawat dan Jenis-Jenis Jerawat


- Pengertian jerawat 

- Penyebab timbulnya jerawat

- Jenis-jenis jerawat

- Tips menggunakan produk alami 

- Cara menghilangkan atau mengobati jerawat secara alami.



Pengertian jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebagian besar penderita jerawat banyak yang tidak tahu penyebab timbul nya jerawat, sehingga penanganan nya pun akan salah, dan bukan sembuh yang di dapat, tapi bertambah nya jerawat serta tidak kunjung sembuh jerawat tersebut.

Maka dari itu kita harus tahu penyebab jerawat muncul agar tidak salah dalam mengambil tindakan untuk mengobatinya. Berikut penyebab timbulnya jerawat :

  • Perubahan Hormonal, Perubahan hormonal salah satu yang dapat memicu timbul nya jerawat, seperti masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB.
  • Produksi Minyak Berlebihan, Faktor dari dalam tubuh  juga menjadi faktor timbulnya jerawat seperti produksi minyak berlebihan. Jerawat merupakan kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebacues gland) yang menyebabkan penyumbatan folikel rambut dan pori-pori kulit sehingga terjadi penimbunan minyak dibawah kulit. Penimbunan minyak akan mengundang bakteri datang dan akhirnya terjadi infeksi atau timbulnya jerawat.
  • Kosmetik atau Make Up, Yang banyak menjadi faktor wanita mempunyai jerawat adalah kosmetik atau make up. Pemakaian kosmetik atau make up yang banyak mengandung bahan kimia secara berlebihan atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori kulit oleh sisa-sisa kosmetik atau make up sehingga timbul lah jerawat. 
  • Faktor Keturunan atau Genetik, Jika orang tua anda mempunyai riwayat berjerawat pada muka nya maka tidak bisa di pungkiri lagi, anda pun bisa memiliki jerawat. Biasanya masalah yang seperti ini sulit ditangani atau di obati jadi perlu ekstra hati-hati dalam mengobati dan sabar dalam menghadapinya.
  • Telepon Genggam, Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur bakteri tumbuh di kulit yang dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya anda rutin membersihkan permukaan telepon genggam anda atau anda harus rajin membersihkan tangan anda sebelum memegang telepon genggam anda.
  • Alergi Makanan atau Minuman, Sebagian orang mempunyai Alergi terhadap makanan yang dapat menimbulkan jerawat seperti alergi terhadap makanan tertentu seafood, kacang-kacangan, makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi, vitamin A  yang tinggi dan vitambin E yang rendah, makanan berminyak, dan minuman bersoda.
  • Debu, Saat anda berada di luar seperti dijalan maupun di dalam rumah maka anda tidak bisa menghindari dari debu yang berterbangan yang bisa menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Bagi yang mempunyai kulit berminyak, akan mudah sekali debu terserap sehingga pori-pori tersumbat dan dpt menimbulkan jerawat.
Jenis-Jenis Jerawat

Jenis jerawat yang paling umum orang tahu hanya 'jerawat', padahal ada beberapa jenis jerawat, di antaranya :

  • Blackhead atau Komedo Terbuka,hal ini terbentuk karna minyak dan sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Blackhead tumbuh di permukaan kulit maka akan terkena udara sehingga berwarna hitam dan terlihat jelas di kulit.
  • Whitehead atau Komedo Putih, Berupa benjolan putih tetapi tidak bengkak dan kemerahan seperti jerawat pada umumnya, Kondisi ini dikarnakan pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, keratin, minyak berlebih, dan bakteri. Komedo putih tumbuh di bawah permukaan kulit berbeda dengan komedo terbuka.\
  • Papula, Berupa benjolan kecil berwarna merah yang berisi cairan dan minyak dan jika disentuh akan terasa sakit.
  • Pustula, Pastula merupakan lanjutan dari papula, jika papula muncul tidak segera di tangani dan terlanjur terinfeksi kotoran dan debu maka akan terjadi pustula. Jenis jerawat pustula ini berbentuk benjolan merah dengan puncak putih di atas nya.
  • Nodula, Nodula dalam bahasa umum nya di masyarakan merupakan jerawat batu. Nodula atau jerawat batu tumbuh di atas permukaan kulit karna berukuran besar tetapi juga menghadirkan benjolan besar di bawah permukaan kulit dan terasa sakit saat di sentuh.
Tips Agar Menghilangkan atau Mengobati Jerawat secara Alami Berhasil

1. Hentikan pemakaian produk kecantikan anda.
Sebelum mengobati jerawat dengan produk alami adalah hentikan terlebih dahulu penggunaan cream-cream atau kosmetik yang menurut anda dari produk kecantikan itu lah muncul nya jerawat karna ketidakcocokan dari kosmetik yang anda pakai.
Hal ini agar kulit beristirahat dari bahan-bahan kimia. Dengan begitu proses penyembuhan jerawat akan lebih cepat dan efektif menggunakan produk alamai.

2. Jangan cuci muka terlalu sering dengan sabun.
Sabun yang mengandung banyak busa justru tidak begitu bagus untuk kulit, memang awalnya anda akan merasakan lebih kesat jika cuci muka dengan sabun yang mengandung busa tapi hal itu akan membuat kulit anda lebih banyak memproduksi sebum atau minyak. Jika kulit anda berminyak berlebih maka akan menyumbat pori-pori sehingga menibulkan jerawat.

Jika anda pengguna kosmetik pada saat diluar, maka anda bisa membersihkan kosmetik dengan oilive oil atau vco, caranya cukup tuang ke kapas kecantikan lalu usap-usap di wajah anda, lalu jika sudah bersih anda bisa mencuci wajah anda cukup dengan air dan bekas kosmetik anda akan hilang dan cara ini cukup ampuh.

3. Sabar.
Jika anda ingin jerawat anda tidak kembali lagi maka anda harus sabar melakukan tahap-tahap di artikel ini, karna produk alami tidak lah sama dengan produk-produk obat jerawat yang berbahan kima . Produk alami akan mengobati dan hasilnya akan anda rasakan dalam jangka panjang.

Cara Menghilangkan atau Mengobati Jerawat Secara Alami

Produk-produk alami sangat lah banyak dan mudah kita dapatkan, hanya saja banyak orang tidak tahu produk alami apa saja yang bisa digunaakan untuk mengobati jerawat. Berikut produk alami yang anda bisa gunakan dan pemakaian nya bisa bergantian atau bisa di gabungkan.

1. ACV (Apple Cider Vinegar) atau Cuka Apel

Produk herbal ini bisa di minum untuk meningkatkan kesehatan. Selain bisa diminum juga bisa untuk mengobati jerawat tanpa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh.
Cuka apel merupakan salah satu cairan asam yang bersifat anti bakteri pada jaringan kulit, cuka apel memang aroma bau terlalu kuat, terlihat keruh dan kecut, untuk itu gunakan cuka apel tersebut di malam hari sebelum tidur. Anda bisa mendapatkan ACV atau cuka apel di toko obat herbal atau apotek dan supermarket.

Caranya :
Saat menggunakan cuka apel, anda harus hati-hati terhadap iritasi kulit, maka dari itu untuk mensiasati nya gunakan cuka apel yang sudah di campur dengan air atau bisa dengan cara mengurangi frekuensi pemakaian.

Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal, bisa di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 hari sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

2. VCO (Virgin Coconut Oil) atau Minyak Kelapa
VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang dapat masuk kelapisan kulit dalam dan mempertahankan kelenturan serta kekenyalan kulit.
VCO bersifat anti jamur dan bakteri alamiah sehingga membantu mencegah dan mengobati infeksi kulit, salah satunya adalah jerawat. Anda bisa mendapatkan VCO di toko obat herbal, supermarket atau anda bisa membuat sendiri.

Caranya :
Anda bisa menggunakan VCO di malah hari sebelum tidur, oleskan tipis secara merata di wajah anda setelah anda mencuci muka, lalu diamkan 10 menit, setelah itu lap wajah anda dengan kapas kecantikan atau dengan tissue.

Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal, bisa di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 hari sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

3. Olive Oil atau Minyak Zaitun 
Minyak zaitun memiliki kandungan anti bakteri yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat dan memiliki sifat anti inflamasi yang diperlukan untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya, kandungan non-comedogenic(tidak menyumbat pori-pori) didalam minyak zaitun, sehingga ideal untuk mengobati jerawat.
Anda bisa mendapatkan minyak zaitun di toko obat herbal atau supermarket dan pilihlah yang ekstak olive oil yang bisa untuk di minum dan di oleskan di wajah.

Caranya :
Sama seperti penggunaan VCO, cukup oleskan tipis secara merata di wajah sebelum tidur atau di saat waktu senggang.
Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal, bisa di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 hari sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

4. Bubuk Kayu Manis
Kayu manis merupakan rempah-rempah yang cukup banyak di temukan di indonesia, kayu manis mempunyai kandungan antiseptik yang mempunyai kemampuan membersihkan bakteri sehingga dapat membantu proses penyembuhan jerawat dan juga sebagai pencegah infeksi pada jerawat.
Anda bisa mendapatkan bubuk kayu manis di pasar tradisional (penjual bahan-bahan kue) atau swalayan yang sudah berbentuk kemasan bubuk.

Caranya :
Perhatian besar untuk menggunakan bubuk kayu manis ini dengan jumlah sedikit terlebih dahulu, karna sebagian orang tidak cocok dengan penggunaan bubuk kayu manis. Gunakan bubuk kayu manis sebagai masker, dan percobaan pertama masker bubuk kayu manis ini bisa di tambah madu atau VCO atau minyak zaitun dan di tambah air sehingga mengurangi resiko jika kulit anda sangat sensitif dan bisa anda coba masker pada bagian jerawatnya saja. Gunakan masker 10 menit lalu cuci bersih.

Gunakan secara rutin 3 x seminggu untuk hasil maksimal, bisa di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 minggu sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

5. Madu
Pasti setiap penderita jerawat sudah tau jika madu bisa mengobati jerawat, tapi sebagian penderita jerawat menyerah dengan pengobatan alami karna proses penyembuhan yang cukup lama, di artikel ini sudah dijelaskan tips diatas agar proses menghilangkan jerawat berhasil.

Madu mengandung antioksidan alami yang berperan untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat pada kulit, zat anti inflamasi yang berfungsi menghentikan peradangan pada luka , dan memiliki sifat osmotik yang bisa membersihkan luka jerawat dan melepaskan hidrogen peroksida yang berfungsi mengeringkan luka jerawat.
Anda bisa mendapatkan madu di toko obat herbal atau apotek atau supermarket atau di penjual ecer dan pastikan madu alami agar hasil dapat maksimal.

Caranya :
Anda bisa gunakan madu sebagai masker di malam hari sebelum tidur atau di saat senggang di siang hari atau anda bisa campur madu dengan bahan masker alami lain nya.

Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal, bisa di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 hari sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

6. Bubuk Kunyit
Kunyit dapat anda temukan di dapur anda, kunyit memiliki anti-bakteri dan anti-jamur, memiliki sifat anti inflamasi, anti-oksidan tinggi dan anti-septik, maka dari itu kunyit merupakan satu paket komplit dimana  memiliki sifat diuretik, astringent, analgesic, dan anti-alergi yang membuat kunyit ini akan sangat efektif untuk mengeluarkan segala racun, debu penyebab jerawat, maupun kotoran yang terjebak dalam pori-pori kulit kita.

Anda bisa mendapatkan bubuk kunyit di pasar tradisional (penjual bahan-bahan kue), supermarket atau anda bisa mengambil satu ruas kunyit di dapur anda dan di haluskan , tapi anda harus hati-hati jangan sampai kunyit menempel pada baju anda.

Caranya :
Buatlah kunyit sebagai masker, anda bisa menggunakan single use atau di campur dengan bahan masker lain seperti VCO, olive oil, madu, dan air. Pastikan takaran kunyit tidak terlalu banyak untuk menghindari kulit anda menjadi sangat kuning setelah pemakaian masker kunyit, dan jauhkan dari baju kesayangan anda saat menggunakan karna menghindari noda kuning pada baju anda.

Gunakan secara rutin 3 x seminggu untuk hasil maksimal, bisa sebelum tidur,di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 minggu sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

7. Teh Hijau
Ternyata teh hijau juga mengandung anti-oksidan yang luar biasa bernama epigallocatechin gallate yang akan menangkal radikal bebas dan akan membunuh bakteri penyebab jerawat meradang dengan sangat cepat. Anda bisa mendapatkan teh hijau di minimarket, supermarket atau apotek.

Caranya :
Seduh teh hijau  dengan air panas, masukan kedalam botol kecil air seduhan teh hijau, simpan di dalam kulkas sampai esok pagi, lalu gunakan air seduhan teh tersebut untuk di oleskan di wajah saat anda senggang, jika sudah 10 menit anda dapat membasuh wajah anda dengan air biasa. Air teh hijau tersebut dapat anda simpan 2-3 hari jika di simpan dikulkas dan hanya 1-2 hari jika di simpan di suhu ruangan.

Gunakan secara rutin 3 x seminggu untuk hasil maksimal, bisa sebelum tidur,di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 minggu sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

8. Es Batu
Efek dingin dari es batu sangat ampuh untuk mengurangi kemungkinan peradangan jerawat dan dapat mengobati jerawat meradang selain itu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara berangsur-angsur. Anda bisa mendapatkan es batu secara mudah dari kulkas anda.

Caranya :
Ambil bongkahan kecil es batu, lalu letakan di handuk kecil bersih atau di taruh di tissue agar saat penggunaan tidak tersentuh langsung antara es batu dan jerawat karna menghindari iritasi atau kemerahan pada kulit setelah penggunaan . Penggunaan nya adalah di oleskan pada jerawat yang meradang, oleslah dengan perlahan dan jangan di tekan.
Gunakan secara rutin 1 x sehari untuk hasil maksimal, bisa sebelum tidur,di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 1 hari sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

9. Baking Soda
Baking soda atau disebut juga natrium bikarbonat (NaHCO2) , tidak hanya bisa untuk membuat kue namun bisa menyembuhkan jerawat. Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-septik ringan yang berfungsi untuk mengecilkan jerawat.

Baking soda merupakan amfoter yang merupakan senyawa yang dapat bersifat basa maupun asam, sehingga baking soda dapat mengatasi ketidakseimbangan pH pada kulit, dan salah satu penyebab munculnya jerawat dikarnakan pH yang tidak seimbang. Anda bisa mendapatkan baking soda di toko kue atau di toko bahan kimia dengan menyebutkan baking soda bukan soda kue karna soda kue sudah tercampur dengan zat antipengempal.

Caranya :
Untuk percobaan pertama anda bisa gunakan di tangan atau di leher, karna sebagian besar orang tidak mengetahui jenis kulit mereka sendiri, jika terjadi iritasi atau kemerahan anda dapat segera membersihkan nya. Namun penggunaan baking soda secara tidak berlebihan atau sesuai aturan maka iritasi kulit seperti timbul bintik-bintik jerawat kecil maka tidak menjadi khawatir, karna itulah proses pelepasan racun dari kulit, anda bisa meredakan timbulnya bintik-bintik jerawat dengan mengoleskan VCO, madu atau minyak zaitun.

Cara memakai baking soda adalah dengan cara membuat pasta, campurkan salah satu atau bisa gunakan bersamaan VCO, madu dan minyak zaitun, air dengan 1 sdt baking soda(cukup 1 sdt untuk menghindari iritasi) , setelah diaduk menjadi pasta, jadikan masker di wajah anda dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Saat anda membilas dengan air hangat, pasta baking soda pun bisa digunakan sebagai scrub dengan memijat wajah perlahan saat membilas (pastikan wajah tidak ada jerawat yang sedang meradang jika digunakan sebagai scrub) jika anda mempunyai jerawat yg meradang lebih baik anda menghindari scrub wajah.

Setelah anda melakukan perawatan masker ini, anda akan merasakan wajah yang kenyal dan lembut karna ada campuran VCO, minyak zaitun dan madu yang dapat melembabkan kulit.

Gunakan secara rutin 1 x seminggu untuk hasil maksimal, bisa sebelum tidur,di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 1 minggu sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

10. Oatmeal,
Mungkin sebagian orang tidak tahu apa itu oatmeal, oatmel adalah makanan yang mempunyai bahan dasar gandum yang telah ditambahkan berbagai bahan makanan lain seperti vitamin, mineral, zat besi dll. Oatmeal mengandung anti-oksidan kuat dan aktif dalam mencegah munculnya jerawat , dan mempunyai zat anti-bakteri yang efektif dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mendapatkan oatmeal di minimarket atau supermarket, anda bisa bertanya pada pegawainya untuk menunjukan dan lebih baik anda mengambil oatmel kemasan yang berwarna merah.

Caranya :
Anda bisa mencapurkan oatmeal dengan VCO, madu, minyak zaitun, atau bubuk kunyit dan air. Setelah di campur didalam mangkuk anda dapat menghaluskan oatmeal dengan menggunakan sendok dan aduk sampai rata. Setelah anda menggunakan masker ini, cuci dengan air hangat dan basuh wajah perlahan sambil mengusap-usap wajah agar masker mudah dibersihkan. Masker oatmel bisa juga di jadikan scrub seperti masker baking soda.

Kegunaan lain dari oatmeal adalah, anda bisa menggunakan oatmeal sebagai pengganti sabun cuci muka. Caranya siapkan oatmeal 1 mangkuk lalu haluskan dengan blander atau dengan sendok, jika sudah halus, letakkan dalam mangkuk yang tertutup, anda bisa gunakan setiap anda ingin mencuci muka dengan cara mengambil secukupnya lalu campur dengan air di tangan anda dan lumatkan setelah itu usapkan ke wajah perlahan.

Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi pemakaian sabun muka yang mengandung busa yang sangat tidak bagus untuk kulit berjerawat. Cuci muka dengan cara ini cukup 2 x sehari, jangan berlebihan, anda akan mendapatkan kulit yang kenyal setelah menggunakan cara ini.

Gunakan masker oatmeal secara rutin 2 x seminggu untuk hasil maksimal, bisa sebelum tidur,di pagi atau siang hari saat anda senggang dan lakukan pemakaian bahan alami bergantian tiap 2 minggu sekali dengan produk alami lain nya agar kulit anda tidak jenuh dengan 1 bahan alami.

          Bahan-bahan alami di atas lah yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat yang mudah anda dapatkan. Gunakanlah bahan alami di atas saat wajah anda sudah di bersihkan dengan air hangat agar pori-pori wajah anda terbuka dan kandungan dalam bahan alami tersebut mudah meresap.

Pastikan pada saat proses penyembuhan jerawat dengan bahan alami, berhentilah terlebuh dahulu menggunakan cream malam anda atau kosmetik-kosmetik anda yang banyak mengandung bahan kimia sampai jerawat anda benar-benar berkurang, bahkan sembuh total dan jerawat tidak kembali lagi, tetapi jerawat bisa saja muncul kembali karna faktor hormon seperti saat menstruasi untuk wanita, tetapi biasanya akan mudah hilang dan tidak berbekas jika anda sudah rutin menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah.

Kebersihan juga sangat mempengaruhi proses menghilangkan jerawat, anda bisa mengganti sarung bantal anda secara rutin karna kotoran dari rambut bisa terjatuh dan menumpuk di bantal.

Itu lah beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami dan akan berhasil jika anda mengikuti tps-tips di atas, karna bahan alami tidak akan memberikan efek sangat buruk jika anda tahu cara penggunaan nya.


Share artikel ini di sosial media anda untuk dapat menyimpan dan membagikan ke teman-teman anda!


0 komentar

Post a Comment